Resep Membuat Kopi Susu

Siapa sih yang tidak kenal dengan kopi susu? Tentunya kenal dong. Iya kopi susu merupakan minuman yag cukup populer dan selalu menjadi minuman favorit di berbagai tempat makan dan minum. Kopi susu merupakan salah satu minuman masterpiece yang menawarkan kenikmatan luar biasa. Kopi susu merupakan jenis minuman yang berasal dari perpaduan kopi dan susu yang selain memiliki kenikmatan luar biasa juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan.

Meskipun kopi dan susu memiliki warna yang jauh berbeda yakni hatam dan putih, namun perpaduan antara keduanya menghasilkan rasa yang begitu nikmat. Iya kopi susu menjadi salah satu minuman yang fenomenal diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Nah hal ini tentu menjadi bukti bahwa kopi susu menjadi salah satu minuman yang paling banyak disukai di seluruh dunia.

kaboompics.com

Kandungan Kopi Susu untuk Kesehatan

Minuman kopi merupakan hasil dari biji kopi yang telah disangrai, dihaluskan menjadi bubuk, kemudian diseduh dengan air panas. Kopi memiliki citarasa dan aroma yang khas sehingga minuman ini banyak disukai. Rasa pahit yang dihasilkan oleh kopi serta aromanya yang harus menjadikan kopi sebagai salah satu minuman favorit berbagai kalangan masyarakat. Kopi memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang tinggi sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari dapat meningkatkan daya kreatifitas otak, membangkitkan mood, serta juga memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan.

Sedangkan susu merupakan minuman yang dihasilkan oleh binatang mamalia. Adapun beberapa mamalia penghasil susu yang sering dikonsumsi adalah sapi, kambing, dan unta. Susu juga memiliki rasa yang begitu khas yaitu manis dan gurih. Susu juga memiliki kandungan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan dari susu adalah kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Banyak yang menyebut bahwa perpaduan antara kopi dan susu merupakan perpaduan yang sempurna. Hal ini karena keduanya memiliki citarasa yang nikmat ketika digabungkan. Rasa pahit dari kopi dan rasa manis serta gurih dari susu menjadikan perpaduan keduanya begitu sempurna. Kopi dan susu juga memiliki kandungan yang sama-sama baik untuk kesehatan. Untuk itu tak heran jika kopi susu menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia.

kaboompics.com

Resep Membuat Kopi susu

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya kopi susu memiliki rasa yang begitu nikmat. Pasalnya memang keduanya merupakan campuran yang pas dan saling melengkapi. Nah untuk Anda yang ingin menikmati kopi susu, berikut beberapa resep membuat kopi susu layaknya menu di cafe:

Kopi latte

Kopi susu juga sering disebut dengan caffe latte. Caffe latte biasanya juga sering menjadi penghuni menu minuman di berbagai tempat. Hal ini tentu karena minuman ini merupakan salah satu minuman yang memiliki citarasa yang cukup nikmat. Kopi latte sebenarnya merupakan kopi yang dicampur dengan susu namun terdapat sedikit busa pada permukaannya. Adapun bahan-bahan untuk membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Kopi bubuk hitam atau kopi instan 1 sendok makan.
  • Gula pasir 1 – 2 sendok makan, atau sesuai selera Anda.
  • Susu cair panas kuran lebih 170 ml atau juga bisa menggunakan 1 sachet susu kental manis yang telah diseduh dengan air panas 160 ml.
  • Krim kental 120 ml atau juga bisa menggunakan 1 sendok makan krimer.
  • Coklat bubuk 1 sendok teh untuk campuran.
  • Tambahkan es jika Anda menyukai minuman dingin.

Adapun cara pembuatannya pertama yaitu dengan cara mencampurkan kopi bubuk, gula pasir, dan juga coklat bubuk ke dalam cangkir atau gelas. Kemudian Anda sa menambahkan susu panas dan aduk hingga merata. Setelah semua bahan tercampur dan tidakada gumpalan, selanjutnya Anda dapat menambahkan krimer diatasnya. Kemudian Anda juga bisa menaburkan coklat bubuk dan membentuknya sesuai dengan  kreasi Anda. Jika ingin menikmati minuman dingin tentu tinggal menambahkan es saja.

pexels.com

Affogato

Affogato merupakan kopi susu khas Italia yang memiliki citarasa yang sangat nikmat. Iya untuk kopi susu jenis ini memang agak istimewa dimana kopi dicampurkan dengan es krim atau gelato. Kalau kopi susu yang ini juga memiliki tampilan yang agak istimewa dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, dimana secangkir kopi panas ditutup dengan scoop es krim vanilla. Nah untuk bahan-bahannya yaitu Anda perlu menyiapkan kopi, esens vanilla, susu kental manis, whiping cream bubk, dan air dingin. Adapun cara pembuatannya yaitu campurkan antara whipping cream dengan air dingin, kemudian kocok degan mixer air hingga kaku. Nah setelah itu Anda dapat menambahkan susu kental manis dan esens vanilla, kemudian silahka diaduk hingga merata. Setelah itu Anda dapat mendiamkannya di dalam freezer hingga beku, selanjutnya silahka scoop satu sendok penuh dan taruh diatas cangkir kopi panas. Untuk cara penyajiannya, Anda dapat menaruh es krim diatas wadah kemudian disiram dengan menggunakan kopi kental dan pekat yang juga diseduh dengan sedikit air panas.

Nah itu dia beberapa jenis resep kopi susu yang bisa Anda buat sendiri. Dengan harga kopi terbaru dan meracik kopi susu dirumah, tentunya Anda dapat menikmati kopi susu dengan resep istimewa tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk ke kafe.