Inilah Faktor yang Mempengaruhi Harga Peci

Peci merupakan bagian kelengkapan dari busana muslim. Sekarang ini model peci ada bermacam-macam jenisnya yang akan membuat penampilan semakin modis. Peci tidak lagi identik dengan acara keagamaan dan acara formal tetapi sudah menjadi bagian dari mode fashion. Jadi memang tidak mengherankan apabila permintaan peci di pasaran juga meningkat.

Kebanyakan dari masyarakat kita masih menjadikan harga sebagai pertimbangan utama saat akan membeli suatu barang. Begitupun saat memilih peci mana yang akan dibeli mayoritas melihat dulu berapa harganya. Mempertimbangkan harga memang sesuatu yang wajar tetapi sebenarnya harga bukanlah segalanya. Meskipun tidak selamanya harga yang murah kualitasnya juga murahan.

Sebenarnya masih banyak barang yang kualitasnya bagus tapi dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Sebaliknya ada juga barang mahal tapi nyatanya memiliki kualitas yang hanya setara dengan yang harganya lebih murah. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Karena ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga jual barang atau sebuah produk, tidak terkecuali peci.

Apa sajakah yang termasuk faktor penentu harga jual produk seperti yang dimaksud di atas? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Jual Peci

pixabay.com

Bahan Baku

Mahal atau tidaknya suatu barang sangat dipengaruhi oleh bahan baku atau material yang digunakan untuk membuatnya. Semakin sulit bahan baku tersebut didapatkan akan semakin mahal juga harga jualnya kepada konsumen. Pengaruh bahan baku bukan hanya disitu saja melainkan seberapa banyak produsen membelinya.

Produsen yang membeli bahan baku dalam jumlah besar pasti harganya akan lebih murah sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah. Begitu juga sebaliknya produsen kelas kecil dimana membeli bahan baku hanya dalam jumlah kecil harga kemungkinan akan lebih mahal.

Upah Tenaga yang Mengerjakan

Selain bahan baku yang sangat mempengaruhi harga jual produk termasuk peci adalah upah tenaga yang membuatnya. Produsen peci baik yang skalanya industri kecil, menengah ataupun besar pastinya memiliki tenaga kerja untuk pengerjaannya. Besarnya upah pekerja tersebut akan mempengaruhi harga jual juga kepada konsumen, murah atau mahal.

Biaya Operasional

Diluar besarnya upah pekerja masih ada biaya lainnya yang akan mempengaruhi harga jual peci di toko maupun situs belanja fashion online. Contoh dari biaya operasional misalnya ongkos kirim, biaya produksi, biaya promosi dan sebagainya. Semakin mahal biaya operasional yang dikeluarkan untuk memasarkan produk tersebut maka akan semakin mahal harga yang sampai pada konsumen.

Desain

Peci modern dan kekinian memiliki desain yang beragam sehingga hal tersebut juga bisa memberikan pengaruh besarnya harga jual produk pada konsumen. Desain yang rumit tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal. Apalagi kalau ada penambahan aksesoris tertentu pada produk, harga jualnya bisa lebih mahal lagi.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan peci yang kualitasnya sebanding dengan harganya? Ikuti tips mengenali kualitas peci berikut ini.

Cara Memilih Peci yang Bagus

pixabay.com

Pilih yang Bahannya Keras

Peci yang bagus justru yang memiliki permukaan keras jadi saat akan membelinya sebaiknya raba dulu. kalau bahan yang digunakan keras kemungkinan besar kualitasnya juga bagus. Sebaliknya kalau peci terasa lentur saat diraba menunjukkan kalau kualitasnya kurang baik.

Tidak Mudah Ditekuk

Disarankan untuk membeli peci atau songkok yang tidak mudah ditekuk. Hal ini memang berhubungan dengan poin pertama yaitu dibuat dengan bahan yang keras. Jika peci mudah untuk ditekuk bisa diartikan kualitasnya juga kurang bagus. Peci yang dibuat dengan kualitas tinggi salah satu cirinya adalah sulit untuk ditekuk.

Hindari Serabut Pada Bagian Pinggirnya

Selain memiliki bahan yang keras dan tidak mudah ditekuk, tanda peci yang bagus lainnya adalah tidak terdapat serabut di bagian tepi atau pinggirannya. Jika pada tepian peci terdapat serabut biasanya peci akan gampang rusak dan tidak awet. Jadi untuk lebih amannya agar peci bisa lebih lama dipakai hindari yang memiliki serabut pada pinggirannya.

Merk Sudah Terjamin

Merk memang bukanlah segalanya tetapi bagaimanapun produsen yang mempunyai reputasi bagus tidak akan membuat barang yang jelek. Jadi memang merk tertentu yang sudah terkenal namanya bisa menjadi jaminan kualitas produknya. Demikian juga ketika akan membeli peci tidak ada salahnya kalau melihat dari sisi merk juga.

Harga Bukan Segalanya

Jangan mudah tertipu oleh harga karena belum tentu menunjukkan kualitasnya. Belum tentu harga yang mahal akan menentukan bahwa produknya juga bagus. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa banyak faktor yang bisa mempengaruhi harga jual produk peci pada konsumen. Dan kualitas tidak selalu berbanding lurus dengan harganya.