Mengenal Warna Biru Tosca, Perpaduan Dan Arti Dari Warnanya

Tahukah Anda apa itu warna biru tosca? Bagi Anda yang berhubungan dengan dunia desain, warna biru yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Namun bagi orang awam, warna ini mungkin akan salah dikira dengan warna hijau tosca.

Warna biru memang memiliki ragam variasi warna yang cukup banyak, di mana tosca merupakan salah satunya. Warna ini sendiri kerap kali dipilih untuk digunakan dalam beragam jenis desain. Meski belum begitu populer seperti warna-warna lainnya, namun warna biru yang satu ini kerap menjadi warna favorit banyak orang.

Apa Itu Warna Biru Tosca?

Biru tosca adalah hasil perpaduan antara warna biru dan hijau, di mana warna birunya terlihat lebih dominan dari warna hijau. Warna tosca sendiri merupakan warna pirus, yaitu warna biru kehijau-hijauan atau hijau kebiru-biruan. Warna tosca dalam Bahasa Inggris “turquoise” berasal dari Bahasa Perancis yakni “turkish”. Dinamakan demikian karena bangsa Eropa mengimpor batu pirus melalu turki.

pxhere.com

Warna tosca merupakan warna pertengahan antara hijau dengan biru. Oleh sebab itu, warna ini kurang tepat dikatakan sebagai biru tapi juga tidak tepat dikatakan sebagai hijau. Karena itulah warna tosca ini dibagi menjadi dua yakni biru tosca dan hijau tosca. Meski sama-sama dinamakan tosca, warna-warna ini adalah dua warna yang berbeda. Apabila dibandingkan, ada sedikit perbedaan pada warna keduanya.

Jika dilihat sekilas, warna biru atau hijau tosca memang hampir sama dan cukup sulit dibedakan. Maka tidak heran jika ada banyak orang keliru dengan kedua jenis warna tosca ini. Namun jika diperhatikan, warna biru tosca adalah warna tosca yang birunya lebih dominan. Sedangkan warna hijau tosca adalah warna tosca yang warna hijaunya lebih dominan. Jadi untuk mengetahui mana biru tosca, Anda cukup memperhatikan warna tosca yang birunya lebih kentara dari warna hijaunya.

Dalam penerapannya, biru tosca banyak digunakan untuk jilbab, kerudung, baju, kaos, busana muslim, serta aksesoris dan lain-lain. Pada penampilan, penggunaan warna ini dapat memberikan kesan kalem dan manis pada siapapun yang mengenakannya. Selain di bidang fashion, warna ini juga mulai banyak digunakan pada desain grafis dan desain interior ruangan, baik rumah, kantor, ataupun bangunan lainnya.

Biru tosca dapat memancarkan kesan yang berbeda pada setiap penerapannya. Di mana perpaduan warna biru dan hijaunya tidak hanya menghasilkan warna baru tetapi juga kesan yang baru dibanding kesan dari warna aslinya. Jika warna biru akan memberikan efek menenangkan dan warna hijau lebih segar. Maka biru tosca akan menghadirkan kesan ramah, damai dan bahagia untuk menikmati hidup.

pxhere.com

Padupadan Warna Yang Cocok Dengan Biru Tosca

Memadukan warna memang bisa bebas dilakukan tanpa aturan atau batasan tertentu. Akan tetapi perlu diingat, tidak semua warna akan cocok dipadupadankan. Contohnya untuk biru tosca, ada warna yang cocok dipadukan ada pula yang tidak. Beberapa warna yang akan cocok dipadupadankan dengan biru tosca antara lain adalah abu-abu, hitam, putih, coklat, blue aesthetic, orange, pink dan lain-lain.

Warna-warna netral seperti hitam, coklat dan putih biasanya cocok dipadukan dengan beragam warna yang lain. Ketika dipadukan dengan biru tosca, warna-warna netral ini akan menciptakan nuansa yang lembut dan terkesan bersahaja. Jika tosca dipasangkan dengan warna pink atau krem, perpaduan warnanya akan menghadirkan nuansa yang lebih cerah. Sementara jika biru tosca dikombinasikan dengan warna orange dan kuning pucat maka dapat membuat objek terlihat lebih energik.

pxhere.com

Arti Warna Biru Tosca

Dalam psikologi warna, biru tosca memiliki makna menenangkan, mengendalikan, suka cita, feminim, menyegarkan, intuisi, keseimbangan dan kestabilan emosional, loyalitas, kreativitas dan kebijaksanaan. Warna ini sangat baik untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan kejernihan pikiran. Hal ini karena biru tosca dapat mempengaruhi diri untuk merasakan ketenangan dan meredam emosi.

Biru tosca adalah warna pengembang jiwa yang memiliki karakter halus sehingga lebih bersifat mempengaruhi, bukan menuntut. Warna ini dapat meningkatkan sisi kreatif dan sensitif sekaligus rasa empati dan peduli pada diri setiap orang. Tidak hanya itu, biru tosca juga dapat membuat jiwa lebih bersemangat dan mengurangi rasa kesepian, entah karena tidak kestabilan mental atau kelelahan.

Namun terlalu banyak biru tosca dapat menimbulkan efek negatif seperti sikap egois, individualis, emosional dan tidak mempedulikan kepentingan orang lain. Sebaliknya, terlalu sedikit biru tosca dapat memunculkan sikap misterius, menyembunyikan dan menahan emosi. Sehingga cenderung tidak percaya diri, tidak memiliki pendirian dan kebingungan dalam menentukan arah hidupnya.

Untuk penerapan warna biru tosca sendiri, Anda bisa memilih antara biru tosca muda, tosca tua, menengah atau bercahaya. Warna tosca ini biasanya dianggap melambangkan kedamaian dan ketenangan yang dapat membangun kenyamanan.