Sudah Kenal dengan Gajah Laut? Ini Dia Fakta Tentang Gajah Laut

Gajah laut merupakan kelompok hewan mamalia air yang memiliki ukuran besar. Gajah laut juga bisa berjalan menggunakan siripnya. Gajah laut merupakan binatang sejenis pinnipedia yang masih keluarga dari singa laut, anjin laut, dan walrus. Gajah laut merupakan pinnipedia yang terbesar diantara jenisnya. Gajah laut merupakan binatang yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan binatang pinnipedia yang lainnya.

Taksonomi Gajah Laut

Secara taksonomi gajah laut masuk kedalam keluarga pinnipedia bertelina yang meliputi singa laut dan juga anjing laut yang berbulu serta anjing laut sejati yakni anjing laut yang tidak punya daun telinga. Famili Phocidea memiliki genus mirongua yang terdiri dari 2 spesies yakni mirounga angustirostis dan juga mirounga leonina.

Jenis Mirounga memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan dengan genus lainya, sebab jenis jantannya punya belalai seperti gajah, nah dari sinilah kemudian binatang ini disebut sebagai gajah laut. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa gajah laut merupakan sejenis anjing laut yang memiliki keunikan pada bagian hidungnya.

Gajah laut merupakan jeni pinnipedia terbesar di dunia yang mana di beberapa tempat gajah laut mampu mencapai ukuran panjang 6 meter dengan berat mencapai 5 ton. Nah dari situlah kemudian gajah laut dinobatkan sebagai pinnipedia terbesar di dunia. Keunikan gajah laut juga terletak pada belalainya yang hanya dimiliki si pejantan.

Fungsi Belalai dari Gajah Laut

Gajah laut hidup di darat yang mana binatang ini memiliki belalai yang ternyata serbaguna. Iya binatang ini dapat menggunakan belalainya untuk mengambil makanan hingga sebagai alat komunikasi. Iya sebenarnya fungsi dari belalai gajah laut ini adalah untuk memperbesar suara yang dhasilkan oleh binatang tersebut.

Nah terutama pada musim kawin, dimana para pejantan akan berlomba-lomba dalam mengeluarkan suara yang paling keras untuk mengintimidasi jantan yang lain serta menarik perhatian dari si betina. Jadi sangat mudah membedakan antara gajah laut betina dan jantan, yakni tinggal melihat belalainya.  Gajah laut memiliki belalai yang berfungsi sebagaimana telah disebutkan diatas.