Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Media sosial instagram memang sangat populer di kalangan milenial seperti ini. Kemudahan dan kreatif fitur-fitur yang cukup memanjakan para penggunanya. Dengan demikian tidak heran jika pengguna instagram semakin tahun semakin bertambah. Daya kreatif para pengguna acap kali menjadi hal yang unik dan langka.

Para pemilik akun instagram berlomba untuk saling menambah jumlah follower atau pengikut. Menampilkan foto-foto ataupun video yang instagramable yang kini banyak digali oleh para nitizen atau pengguna. Adanya instagram ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunannya dalam mengembangkan kreativitas yang terbaik.

pexels.com

Fitur-fitur tersebut juga sering diupdate oleh pihak instagram. Namun hal tersebut menimbulkan dua kemungkinan yaitu positif dan negatif. Dari sisi positif maka akan semakin banyak fitur unik yang tersedia dan dari sisi negatif adalah kemampuan setiap smartphone yang berbeda-beda. Terlebih kapasitas yang terbatas.

Terlepas dari itu, suatu saat nanti tentu akan mengalami titik jenuh. Dengan demikian, maka Anda akan berfikir untuk menghapus akun instagram, selain boros daya ataupun baterai juga akan boros kuota internet. Namun suatu saat nanti Anda juga ingin untuk membuka kembali. Terlebih jika pengikutnya sudah banyak.

Anda tidak perlu khawatir untuk menghapus aplikasi tersebut, akan tetapi bisa dengan cara menonaktifkan instagram sementara. Cara ini akan lebih baik dibandingkan harus menghapus akun instagram secara permanen. Sebab jika Anda melakukannya, maka akan kehilangan data dan tidak bisa login seperti semula lagi.

Jika menonaktifkan instagram, akun Anda masih ada hanya saja menghilang sampai batas waktu dimana Anda akan mengaktifkan kembali akun instagram tersebut. Batas nonaktif instagram hanya berlaku satu kali untuk seminggu, oleh karenanya, jika ingin memperpanjang nonaktif sementara bisa melakukan dengan hal yang sama.

Adapun cara untuk menonaktifkan instagram antara lain sebagai berikut:

  • Membukan instagram melalui browser, karena hanya melalui browser Anda dapat melakukan  hal yang seperti ini.
  • Masuk dengan username atau email dan masukan password seperti biasanya
  • Setelah berhasil login atau masuk, langkah selanjutnya adalah pilih edit profile yang sudah tersedia.
  • Kemudian temukan pilihan yang berisikan alasan mengapa Anda ingin menonaktif intasgram. Yang berisi pilihan “Nonaktifkan Sementara Akun Saya atau Temporarily Disable My Account”.
  • Setelah itu, masukan kata sandi atau password, klik Temporarily Disable My Account.
  • Instagram sudah siap untuk menonaktifkan sementara akun yang Anda inginkan.

Setelah Anda bosan beberapa minggu tidak menggunakan atau main instagram, Anda bisa untuk mengaktifkan kembali akun instagram milik Anda. Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu masuk atau log in seperti biasanya. Selain mudah, data Anda juga akan aman.

Seperti itulah cara menonaktifkan instagram dan mengaktifkannya kembali. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk menghapusnya. Yang perlu Anda ingat adalah username dan juga alamat email saat pertama masuk instagram. Atau justru melalui akun facebook.

pexels.com

Jika Anda lupa dengan username dan juga password yang Anda gunakan, maka tidak perlu khawatir. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan kembali dengan catatan lupa kata sandi. Oleh karenanya, langkah-langkah tersebut adalah:

  • Klik perintah “Forgot Password atau lupa Kata Sandi”. Perintah ini biasanya berada di bagian bawah kata login pada lembar pertama sebelum masuk instagram.
  • Setelah itu tuliskan username dan email yang pernah digunakan untuk mendaftar instagram. Penulisan dilakukan pada kolom yang tersedia.
  • Kemudian, jika sudah selesai pihak instagram akan mengirimkan link untuk mengonfirmasikan password baru Anda melalui email yang tadi Anda gunakan.
  • Masuk pada email yang Anda daftarkan, klik link yang dikirim. Ikuti peritah yang mengarah pada penggunaan password baru. Dengan begitu password baru tersebut bisa Anda gunakan untuk seterusnya jika ingin menggunakan instagram kembali.

Apabila dengan cara tersebut juga belum bisa masuk, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi dan melaporkan pihak instagram. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan “Help Center”yang disediakan oleh pihak instagram. Dengan demikian masalah yang Anda hadapi akan segara berakhir dan terlesaikan dengan cepat.

Kunci sebenarnya adalah Anda harus mengingat dan jika perlu menuliskan password pada catatan Anda, lakukanlah. Sehingga kejadian lupa password tidak terulang kembali. Terkecuali memang akun yang Anda miliki telah dihack oleh pihak yang bertanggung jawab. Walaupun demikian Anda asih bisa untuk mengaktifkannya kembali.

Itulah sebabnya menjaga data itu lebih penting daripada menjaga kekakyaan. Sebab pada zaman ini data bisa diperjual belikan begitu saja. Kerugian kehilangan data juga akan berdampak cukup serius terutama untuk menguntungkan satu pihak. Selain itu juga bisa berdampak fatal seperti mencemari nama baik diri Anda jika menyimpang.