Kalori Kerupuk

Kerupuk merupakan makanan ringan yang secara umum terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau tepung tapioka. Setiap olahan memiliki cita rasa yang berbeda dengan ciri khas renyah, gurih, enak, bervariasi rasa dan cocok sebagai makanan pendamping makanan utama.

Pada dasarnya ada hal yang harus diketahui terkait kandungan gizi terutama kandungan kalori kerupuk, sebagian orang menganggap ini berbahaya. Setiap jenis dan ukuran kerupuk memiliki jumlah kalori yang berbeda. Itu artinya bahan dan ukuran berpengaruh terhadap kandungan gizi pada kerupuk secara keseluruhan.

Berdasarkan Jenis kerupuk

Berdasarkan jenisnya kerupuk terbagi atas kerupuk asin, kerupuk ikan, kerupuk gandum lkerupuk beras dan lain sebagainya. Untuk kerupuk asin sendiri memiliki kandungan kalori sebanyak 13 kalori. Kerupuk ikan salah satunya kerupuk udang memiliki 35 kalori dengan kadar protein hanya sebatas 0.43 gram.

Sedangkan untuk kerupuk dengan jenis kerupuk makanan ringan memiliki kadar kalori sebesar 15 kalori dengan ukuran bundar. Pada umumnya kalori dalam kerupuk adalah sebesar 20 kalori. Jumlah tersebut dihitung persatu kerupuk. Jadi semakin banyak kerupuk yang dikonsumsi semakin banyak pula jumlah kalori di dalamnya.

Berdasarkan Ukuran

Untuk ukuran kerupuk satu bulatan kecil, mengandung kalori sebesar 15 kalori. Kerupuk gigitan mengandung 3 kalori. Ukuran segi empat mengandung 20 kalori. Pada umumnya 1 ons kerupuk mengandung 71 kalori dan 100 gram kerupuk mengandung 502 kalori.

Oleh karena itu, maka harus diperhatikan. Kalori sendiri sebenarnya merupakan bagian dari energi. Akan tetapi dalam porsinya tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh kekurangan kalori. Kalori sendiri terdiri dari dua jenis yaitu kalori besar dan kalori kecil. 1 kalori besar setara dengan 1.000 kalori kecil.

Maka dari itu, semakin banyak kalori yang masuk dalam tubuh kita akan membuat tubuh lebih terasa berisi. Dengan begitu, jika mempunyai masalah pada berat badan alangkah lebih baiknya konsultasikan dengan dokter. Apabila sudah dilakukan dan jika kalori terlalu berlebihan maka jangan terlalu banyak memakan hidangan kerupuk.