Cantik Bak Mutiara, Ikan Arwana Irian Semakin Mendunia

Indonesia menjadi tempat yang memiliki keberagaman sumber daya yang berlimpah, bahkan kekayaan alaminya dapat dinikmati dari sabang hingga merauke. Di Papua misalnya, pulau yang berada di timur Indonesia ini memiliki banyak keindahan alami, salah satunya adalah di bidang ikan hias. Sebagai warga Papua maupun seluruh Indonesia harusnya bangga, karena di Papua terdapat sebuah ikan hias yang cantik dan terkenal di pasar internasional, yakni ikan arwana irian atau arwana jardini.

 Mengenal Ikan Eksotik Dari Papua, Jardini Arowana

Cantik, indah, dan berkilau, mungkin itulah yang bisa menggambarkan ikan arwana jardini ini. Bahkan karena keindahannya, ikan yang berasal dari perairan Merauke ini sering disebut denagn arwana muriara. Sisik jardini berbeda dengan sisik arwana yang lainnya, ketika terkena cahaya lampu dari sudut yang tepat maka sisik arwana jardini memantulkan cahaya seolah berkilau seperti mutiara.

Sisik seperti itulah, yang menjadi daya tarik ikan arwana asal Papua ini. Sangat mudah untuk membedakan ikan jardini dengan ikan arwana asia lainnya, pasalnya ukuran tubuh ikan arwana jardini ini cenderung lebih kecil. Jumlah baris sisik arwana pun memiliki tujuh hingga delapan baris.

Warna dasar ikan jardini memiliki warna cokelat, dengan bintik keemasan yang terdapat pada beberapa bagian di tubuhnya. Beberapa bagian tesebut berupa sisik, kepala, sirip, hingga bagian ekor. Bahkan terdapat sebuah pola cincin yang melingkar seperti bulan sabit di tepian sisik ikan jardini. Umumnya corak bulan sabit tersebut berwarna hijau atau merah.

unsplash.com

Cara Membedakan Ikan Awrwana Jardini

Untuk membedakan ikan arwana jardini ini dengan ikan arwana lainnya, adalah dengan melihat dari bentuk tubuhnya. Ikan arwana papua ini memiliki bentuk tubuh yang compressed, lebar dan tebal. Pada tubuh ikan arwana papua dewasa, terdapat bercak mera atau kuning serta pada siripnya memiliki warna hijau tua.

Perbedaan lain juga bisa dilihat pada wajah ikan jardini ini, pada bagian wajahnya terdapat guratan kemerahan. Guratan inilah yang membuat arwana papua memiliki julukan Northern Barramundi. Ikan Jardini yang berkualitas dapat dilihat melalui sirip dan sisiknya, perhatikan apakah sirip dan sisik ikan jardini lengkap dan utuh.

Ikan arwana Jardini yang memiliki nilai jual tinggi juga bergantung pada seluruh proposri yang ada dalam tubuh ikan. Perhatikan bentuk sungutnya, bentuk yang baik adalah sungut yang tidak bengkok, tertekuk, atau patah. Selain itu bola mata ikan jardini juga menjadi penentu harga jual mereka, bola mata haruslah tampak bening dan tidak juling.

Jardini Arowa Memiliki 2 Varian

Ketika kalian mengunjungi toko jual arwana super red Pontianak atau toko yang menjual ikan arwana lainnya,mungkin akan kebingungan untuk mengenali jardini arowa ini. Perlu kamu ketahui, bahwa jardini arowa pun memiliki  dua varian, Kedua varian untuk ikan arwana asal irian ini adalah red pearl dan green pearl.

Untuk varian ikan arwana irian red pearl lebih mudah untuk dikenali, hal ini karena varian ini memiliki beragam corak seperti garis dan coretan-coretan merah muda. Coretan coretan ini berada di sekitar mata dan penutup insang, keunikan tersebut tentu menjadi penanda untuk jardini arowa varian red pearl.

Sedangkan untuk varian green pearl, memiliki warna yang lebih polis, Meskipun begitu, green pearl juga memiliki sebuah penanda khusus yang membuatnya berbeda dengan ikan arwana lainnnya. Varian green pearl memiliki sisik berbintik kehijauan dengan seluruh sirip memiliki warna abu-abu dan hitam. Ditambah lagi, ada beberapa spot putih yang terletak di bagian sirip punggung dan anak ikan green pearl .

unsplash.com

Harga Jual Ikan Jardini

Ikan asal irian, Papua ini termasuk dalam ikan primitif yang dapat tumbuh sangat besar. Pasalnya, ikan jardini dapat memanjang hingga 90 cm dengan beral mencapai 17 kilogram. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin memelihara ikan arwana jenis jardini ini, perlu memberikan sebuah tempat yang memadai ukuran arwana tersebut. Harga ikan Jardini ini pun dibanderol dengan harga Rp 4 juta rupiah, namun tentu harga tersebut akan berubah sesuai dengan ukuran dari ikan arwana jardini.

Peratawan Pada Ikan Jardini

Pada umumnya, perawatan untuk ikan arwana adalah sama. Hal yang perlu diperhatikan adalah pada kebersihan air dan juga kesehatan mata. Apalagi, ikan jardini dapat tumbuh hingga 90 cm, tentu pemberian pakan pun harus sesuai dengan ukuran tubuh ikan arwana. Namun apabila anda memberikan pakan hewani, pastikan untuk terus memberikan vitamin atau obat pada ikan arwana agar tidak terinfeksi bakteri yang berasal dari pakan tersebut.

unsplash.com

Hindari untuk terus memberikan pakan kecil yang dapat jatuh ke dasar air, apabila ikan jardini terus menatap kebawah ketika pemberian pakannya maka ikan arwana jardini dapat berakibat terkena mata juling. Kamu bisa memberikan varian pakan yang ada di beberapa toko yang menjual pakan arwana, salah satunya toko jual arwana super red Pontianak.

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya, bahkan setiap ujungnya menawarkan berbagai keindahan baik alam maupun hewan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Papua adalah salah satu daerah yang menawarkan keberagaman alamnya, seperti ikan arwana Jardini. Tak hanya warnanya yang  gelap keemasan, Jardini pun terkenal dengan keindahan sisiknya yang berkilau bak sebuah mutiara.