Fakta Menarik Tentang Telur Asin

Pernahkah kamu mengonsumsi telur asin? Apa yang ada di pikiranmu saat pertama kali mendengar kata telur asin? Apakah sebuah telur yang rasanya asin dan telur itu berupa sebuah telur rebus? Yups! Tepat sekali.

Fakta Menarik Telur Asin

Proses Pembuatan

 

Telur asin merupakan olahan telur bebek yang disimpan dalam baluran serbuk bata yang telah diasinkan dan abu gosok dalam jangka waktu antara 7-14 hari kemudian setelah dibersihkan telur itu baru direbus.

Asal Usul

Tahukah kamu dari mana telur asin berasal? Telur asin berasal dari daerah Jawa Tengah, tepatnya sebuah kota kecil tetangga Tegal yang mana kota tersebut mendapat julukan kota bawang dan kota telur asin sebab merupakan daerah penghasil bawang merah dan telur asin. So, mana lagi kalau bukan Brebes? Yups! Brebes merupakan kota dengan pemilik kandang bebek terpanjang dan telah mendapatkan rekor muri.

 

Kandang bebek yang terletak di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga ini menjadi tempat utama penghasil telur bebek yang kemudian diolah menjadi berbagai macam telur asin. Dari yang telur asin panggang, bahkan rebus.

 

Dalam praktiknya, tak jarang telur bebek ini digunakan sebagai bahan praktik atau belajar dalam pembuata telur asin. Mulai dari ujian praktik anak SD, hingga ada yang sengaja mengolahnya untuk dijual.

Harga

Nah! Telur asin ini sendiri seolah menjadi oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang ketika berkunjung ke kota Brebes. Untuk mendapatkan telur asin, kamu bisa membelinya di toko-toko pinggir jalan raya atau pantura. Biasanya di sana dijual telur-telur asin yang sudah siap disantap bahkan untuk oleh-oleh.

Satu butir telur asin biasanya dibandrol dengan harga RP 2500 dan untuk pembelian sebagai oleh-oleh biasanya kamu akan mendapatkan bonus. Jika kamu membeli telur asin dalam jumlah banyak, biasanya akan diberi wadah semacam wadah yang terbuat dari irisan bambu tipis. Wadah ini biasanya disebut kenduri sehingga mempermudah kamu yang membeli dalam membawanya meski dalam jumlah banyak.

 

Bagaimana? Sudah tahu tentang telur asin? Jika berkunjung ke kota bawang ini jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya yaa.