Ciri-Ciri Baju Batik Pria Berkualitas Bagus

Kala berbelanja baju, tentu kita paling anti dengan yang namanya kecewa. Bayangkan baju sudah dibeli dan ternyata tidak sesuai dengan keinginan kita. Bisa jadi karena tidak teliti dalam membeli atau minimnya informasi. Jika sudah begitu, tentu kita menjadi malas dan bisa-bisa baju tidak terpakai. Hal tersebut pun juga bisa terjadi kala membeli baju batik pria.

Seperti yang Anda tahu, dalam memilih baju diperlukan beberapa kiat khusus. Terlebih batik. Beberapa hal perlu diperiksa sebelum benar-benar sah membelinya. Pasalnya batik hanya bisa dipakai kala acara semi formal dan formal saja, tidak bisa untuk harian.

Selain itu, kualitas batik berbeda-beda tergantung pabrik batik itu sendiri. Nah, sebaiknya simak ulasan dibawah ini agar semakin paham bagaimana cara membeli baju batik untuk pria!

Mengenal Kain Batik Sekilas

pixabay.com

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu batik? Jika belum, mari kita bahas salah satu warisan budaya Indonesia tersebut. Batik adalah sebuah kain yang pewarnaannya menggunakan teknik tertentu, yakni pemakaian malam dan alat bernama canting. Ada dua jenis batik yang selama ini beredar di pasaran, yakni batik tulis dan batik cap.

Batik tulis merupakan jenis batik yang pembuatannya menggunakan metode manual alias dengan tangan manusia. Diperlukan waktu beberapa lama untuk proses pengerjaannya yang rumit dan butuh ketelitian tinggi itu. Batik ini dikenal dengan kualitasnya yang bisa dibilang kelas A dengan harga mahal yang wajar mengingat panjang proses pembuatannya.

Jadi bagi Anda yang tidak memiliki budget lebih, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk membeli batik tulis karena sekarang ini sudah ada batik cap.

Batik cap adalah salah satu jenis batik yang metode pembuatannya dengan metode cap atau stempel. Jika batik tulis dibuat manusia, maka motif pada batik cap dibuat oleh mesin. Meski harganya lebih murah dibanding batik tulis, batik ini memiliki kualitas yang cukup baik.

Selain harga yang terjangkau, jenis batik ini juga memiliki banyak sekali motif karena perkembangan teknologi.

Adapun jika tadi jenisnya, kini kita akan membahas tentang bahan batik. Ada beberapa bahan untuk membuat baju batik yang juga untuk pria, salah satunya adalah mori. Kain tenun yang berwarna putih ini terdiri dari 3 macam kualitas.

Sebut saja ada mori primissima yang sangat halus dan cocok untuk level batik tulis. Lalu ada mori prima yang kualitasnya ada dibawah primissima dan sering dipakai untuk kedua jenis batik. Terakhir, ada mori biru yang tidak pernah digunakan untuk membatik karena kualitasnya yang tidak sesuai dengan standar kain batik itu sendiri.

Selain mori, ada juga kain katun yang juga terbagi dalam beberapa tingkatan. Mulai dari jenis tebal, kasar, tipis, hingga halus. Tidak hanya katun, ada pula kain paris yang dikenal lembut untuk bahan batik dan juga sutra yang sudah diakui kualitas terbaiknya di seluruh dunia.

Ciri-Ciri Baju Batik Pria Berkualitas

pixabay.com

Untuk membeli baju batik khusus pria yang berkualitas, bagus, dan anti kecewa, tentunya ada beberapa ciri-ciri kain yang perlu Anda pahami. Lalu apa sajakah ciri-cirinya? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini!

Bahan Baju Terasa Halus dan Kuat

Kala membeli baju batik, lebih baik periksa lebih dahulu bahannya. Jika bahan terasa halus dan kuat, maka Anda bisa mulai mempertimbangkannya. Biasanya, bahan yang terasa halus adalah bahan yang berasal dari kain mori primissima, kain katun, dobi, kain paris, atau sutra. Untuk memeriksa kehalusan kain, cukup sapukan tangan ke permukaan baju dan rasakan kelembutannya. Selain itu, pastikan baju terasa kuat dan tidak mudah robek.

Memiliki Motif dan Warna Netral

Tidak hanya memeriksa kehalusan bahan saja, motif dan warna juga harus Anda perhatikan. Untuk pria, pilihlah motif yang tidak terlalu ramai agar menampilkan kesan bersahaja dan berwibawa. Demikian juga untuk warna. Pilihlah warna yang netral dan tidak begitu cerah, misalnya saja hitam, coklat, atau biru gelap. Selain pilihan warna, pastikan juga warna yang terlihat tidak akan mudah luntur. Kain yang berkualitas tentu akan memiliki pewarnaan yang berbeda dengan kain biasa. Pasalnya, jika Anda memilih kain biasa yang diwarna, maka bisa-bisa baju batik Anda luntur dan tidak tahan lama.

Kualitas Jahitan yang Rapi

Baju yang berkualitas, terlebih model batik, tentunya bisa dilihat dari cara penjahitannya. Apabila jahitannya terlihat rapi dan kuat, pastinya pakaian tidak akan mudah rusak.

Sebaliknya, apabila jahitan baju banyak yang terlepas, tidak menutup kemungkinan baju akan mudah rusak karena benang-benang yang terlepas akan mempengaruhi jahitan lainnya. Selain itu, penampilan Anda pun juga akan terganggu.

Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri baju batik pria yang berkualitas. Sudah pasti setelah Anda membandingkan ketiga ciri diatas, ada satu hal yang tidak bisa terlewat, yakni kenyamanan. Anda perlu merasa nyaman saat memakainya sehingga kepercayan diri Anda akan tumbuh.

Jika kainnya tebal, halus, dan kuat namun Anda tidak nyaman karena sesuatu hal, tentu di kemudian hari akan mendatangkan masalah. Untuk itu, belilah sesuai selera dan budget Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat.