Berlibur Ke Ciamis, Simak 7 Tempat Wisata Di Ciamis Yang Harus Anda Kunjungi

Ketika anda sedang berlibur ke Jawa Barat tepatnya di kabupaten Ciamis, pastinya anda akan bingung untuk menghabiskan waktu untuk liburan kemana. Kali ini anda tak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa tempat wisata di Ciamis yang menyuguhkan berbagai pemandangan yang sangat menarik. Untuk itu, bagi anda yang ingin menghabiskan liburan disini, ada baiknya anda mengintip beberapa rekomendasi tempat wisata yang  diambil dari situs berita harapanrakyat.com berikut ini.

Beragam Tempat Wisata Yang Harus Anda Kunjungi Ketika Berada Di Ciamis

pixabay.com

  1. Menikmati Air Terjun Di Curug 7 Cibolang

Tempat wisata pertama yang bisa untuk anda kunjungi adalah Curug 7 Cibolang. Air terjun satu ini terletak di Kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, Ciamis ini memang menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik. Disebut sebagai curug 7, dikarenakan tempat wisata ini memiiki jumlah air terjun sebanyak 7 dan letaknya saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya.

Untuk perjalanan kesini, anda bisa menempuh sepanjan 35 km dari pusat kota Ciamis atau jika anda berada di Kecamatan Panjalau, maka anda hanya menempuh jarak sekita 5 kilometer saja. Untuk tujuh air terjun tersebut mempunyai masing-masing nama yaitu Curug Cibuluh, Curug Cileutik, Curug Cimantaja, Curug Cibolang, Curug Tiga, Curug Dua dan juga Curug satu. Tempat wisata di Ciamis ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan penat setelah beraktivitas.

  1. Mengunjungi Situs Purbakala Di Situs Ciung Wanara Karangkamulyan

Jika anda ingin mengunjungi salah satu wisata bersejarah, maka anda pun bisa berkunjung di situs purbakala yang berada di Ciamis yakni situs Ciung Wanara Karangkamulyan. Wisata ini pun terletak di desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis. Situs ini pun memiliki lokasi yang mudah untuk dijangkau dikarenakan terletak di jalan nasional Ciamis-Banjar yaitu sekitar 7 kilometer dari kota Banjar.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat bersejarah, maka situs peninggalan Kerajaan Galuh yang memiliki corak Hindu-Budha ini bisa anda kunjungi sebagai tempat wisata di Ciamis alternatif anda. Untuk anda yang mengunjunginya, maka anda bisa berfoto di depan Gong Perdamaain yang letaknya di Pelataran kawasan Situs Ciung Wanara Karangkamulyan ini.

  1. Menyusuri Jejak Sejarah di Astana Gede Kawali

Situs bersejarah yang dikenal dengan jejak kerajaan Galuh yakni Astana Gede Kawali. Berlokasi di Kecamatan Kawali, Ciamis ini ternyata merupakan salah satu situs bersejarah yang masih terawat dengan baik prasasti-prasastinya. Prasasti tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Sunda di jaman dahulu. Situs bersejarah tersebut terletak di lereng timur Gunung Sawal.

Dimana di lereng tersebut tersimpan 6 prasasti yang tiga diantaranya merupakan prasasti yang berisikan amanat leluhur Galuh yang hingga saat ini dilestarikan dan dipelihara oleh warga Tatar Galuh Ciamis hingga sekarang. Selain itu, terdapat juga petilasan Putri Dyah Pitaloka yang dulunya dikenal sebagai Putri Pajajaran yang memiliki paras yang cantik jelita.

pixabay.com

  1. Berwisata Ziarah di Situ Lengkong Panjalu

Wisata di Ciamis selanjutnya yang bisa anda kunjungi bersama sahabat dan keluarga adalah Situ Lengkong Panjalu. Situ ini merupakan salah satu danau yang terletak di Kecamatan Panjalu, Kabipaten Ciamis. Wisata di Situ Lengkong ini dulunya adalah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu. Hal ini dikarenakan ditemukan beberapa penemuan bersejarah dimana lambat laun berubah menjadi salah satu tempat wisata yang dimanfaatkan sebagai wisata ziarah dan juga wisata budaya.

Jika anda berada di wisata satu ini, maka anda juga akan menemukan tiga pulau kecil atau nusa, dimana digunakan sebagai tempat bangunan istana kerajaan, Kepatihan dan staf kerajaan dan juga taman rekreasi. Pada umumnya wisatawan akan mengunjungi situ ini sebagai tempat ziarah. Dimana mereka akan melakukan ziarah ke makam Prabu Harian Kencana yang berada di Nusa Situ Lengkong dan juga mengunjungi museum Bumi Alit.

  1. Berlibur di Pinggi Danau Situwangi Kawali

Untuk anda yang ingin melepas penat setelah seharian bekerja, tempat satu ini memang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang sejuk ini. Disini pun sering diadakan acara maupun event yang digelar. Terletak di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis ini merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang sngat indah.

Bagi anda yang doyan untuk foto, maka kawasan wisata di Ciamis ini tidak boleh untuk anda lewatkan. Daya tarik utama dari Situwangi Kawali adalah danaunya yang indah dan akan sangat pas untuk anda yang ingin merilekskan diri dan merasakan ketenangan sebentar dari hiruk pikuk macetnya jalanan setiap hari. Untuk itu, anda pun perlu meluangkan waktu anda untuk kesini ketika sedang berada di Ciamis.

  1. Bermain di Wisata Arung Jeram Citanduy

Wisata satu ini pastinya cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan sembarai bermain air dan arung jeram. Sejak tahun 2018, Sungai Citanduy ini dibuka untuk umum sebagai kawasan untuk wisata river tubing atau yang akrab disebut dengan arung jeram. Untuk anda yang ingin mencoba wisata satu ini, ada baiknya anda tidak memiliki ketakutan dengan air sungai.

Pasalnya, anda akan diajak untuk menaiki perahu dan untuk melakukan aktifitas arung jeram ini setidaknya terdapat tiga trek yang bisa anda pilih. Trek yang pertama adalah pengarungan dimana anda akan menempuh jaraj sekita 12,2 km dari Cirahong dan berakhir di TPA Handapherang. Untuk pengarungan setidaknya memerlukan waktu kurang lebih selama tiga jam perjalanan.

Untuk tarifnya sendiri, untuk satu kali pengarungan anda akan dikenakan biaya sekitar 300 hingga 350 ribu rupiah per orang. Untuk anda yang ingin mencoba arung jeram di Citanduy ini, untuk setiap tim diisi dengan 5 orang dan maksimal 10 orang. Kelebihan dari salah satu wisata di Ciamis ini, sepanjang jalur anda akan disuguhkan panorama yang memukau dari tebing curam yang berada di sisi kanan dan kiri sungai.

Untuk itu, bagi anda yang masih bingung untuk menghabiskan waktu di Ciamis, maka anda bisa mencoba beberapa tempat wisata tersebut. Disini, anda bisa mendapatkan berbagai macam pilihan wisata mulai dari wisata alam, wisata bersejarah hingga wisata ziarah dan arung jeram yang akan memacu adrenalin anda.