Tips Lulus UTUL UGM

Menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Gajah Mada atau UGM adalah salah satu pilihan yang paling diimpikan setiap pelajar. UGM sendiri merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas tertua dan terbesar di Indonesia.

Selain dengan menggunakan jalur yang ditetapkan seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia seperti SNMPTN dan SBMPTN. UGM juga memiliki satu jalur khusus yang disebut UTUL UGM. UTL UGM sendiri merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UGM Yogyakarta dengan mengobinasikan 2 hal.

Dua hal yang dimaksud yaitu UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer dan nilai UTUL. Sama halnya dengan SBMPTN, seleksi ini juga terbagi menjadi 3 kelompok yaitu Saintek (Sain dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora) serta Campuran antara Soshum dan Saintek.

Dengan seleksi ini persaingan tidak hanya pada tahun angkatan yang sama akan tetapi pada 2 tahun kebalakannya. Selain itu pilihan program studi atau diploma bisa sampai 3 program studi. Dengan begitu, seleksi ini akan lebih selektif dan ketat. Karena bentuk ujian berbasis tertulis, ada beberapa materi yang harus diperhatikan.

Materi tersebut yaitu Tes Kemampuan Dasar Umun, Potensi Akademik dan Juga tes kemampuan kelompok yang dipilih. Sebelum mengenal beberapa tips lulus UTUL UGM. Perlu diperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Baik syarat khusus maupun syarat secara umum bagi setiap peserta.

pxhere.com

Syarat Khusus

  • Lulus SMA atau SMK sederajat atau paket C pada tahun yang berlaku atau 2 tahun sebelumnya dengan menunjukan bukti berupa ijazah
  • Lulus SMA atau SMK sederajat minimal mempunyai SKHU dan SKL yang memuat identitas dan foto terbaru. Syarat ini harus ada dan dibawa ketika ujian

Syarat Umum

  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Telah lulus SMA/SMK/MA sederajat pada tahun yang berlaku atau 2 tahun sebelumnya
  • Mempunyai surat keterangan sehat dari dokter
  • Mempunyai sertifikat UTBK

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftarkan diri menjadi peserta UTUL UGM. Untuk bisa lulus UTUL UGM memang bukan hal yang mudah. Berikut beberapa tips lulus UTUL UGM dengan cara simpel dan mudah dilakukannya.

pxhere.com

  1. Niat

Niat disini bukan tentang ambisis yang begitu menggebu. Akan tetapi sebagi kunci apabila telah lolos akan menggunakannya sebagai media pembelajaran selanjutnya. Mengingat pendidikan adalah hal yang penting dan wajib. Selain itu juga akan menjadi pengalaman yang luar biasa bisa masuk sebagai mahasiswa UGM.

  1. Belajar dengan Rajin dan Perbanyak Latihan Soal

Yang paling penting adalah berusaha semaksimal mungkin. Caranya yaitu dengan belajar secara sungguh-sungguh. Baik secara otodidak atau melalui bimbel UTUL UGM. Dengan begitu akan lebih siap menghadapi pertempuran soal yang tidak mudah.

Kuasai semua materi yang penting. Untuk mempermudah mengenal materi yang sering muncul adalah dengan berlatih soal. Melalui latihan soal, maka akan semakin banyak referensi untuk materi apa yang akan dipelajarinya. Soal tersebut akan mengingatkan pada tipe atau bentuk soal yang mungkin akan dikeluarkan..

  1. Percaya Diri

Dengan percaya diri, maka siapapun pesaingnya tidak akan menggoyahkan tekad dan keinginannya. Jika sudah seperti itu maka akan lebih santai dan tenang ketika menghadapi soal. Berfikirlah bahwa kita mampu dan bisa, karena hal tersebut akan memotivasi diri untuk mengurangi ketengangan. Sehingga fokus dan kosentras stabil.

  1. Pilih Soal yang Dianggap Paling Mudah

Seperti ujian yang lainnya, untuk menghemat waktu maka kerjakanlah soal yang dianggap paling mudah. Selebihnya adalah kerjakan soal yang dianggap sulit. Mengapa harus demikian? Karena jika mengerjakan soal yang terlalu sulit di samping membutuhkan waktu yang lama juga mengurangi kosentrasi.

Emosi serta ketegangan yang memuncak sehingga menimbulkan stres yang berlebih. Oleh karena itu, perlu perhitungan yang tepat dan usahakan untuk terus tenang. Sisakan waktu untuk mengecek kembali jawaban sebelum diserahkan kepada petugas.

pxhere.com

  1. Berdo’a dan selalu memohon dukungan orang tua

Yang terakhir adalah berdo’a semoga hasilnya sesuai dengan harapan. Selain itu, sebelum dan sesudah menyelesaikan soal tetap meminta restu dan dukungan dari orang tua. Dengan restunya maka akan menjadi motivasi sekaligus dorongan penyemangat.

Itulah beberapa tips untuk lulus UTUL UGM. Memang sekilas cukup menegangkan dan mengkhawatirkan. Akan tetapi jika di sertai dengan sikap yang santai, tetap belajar baik sendiri atau bimbel UTUL UGM serta mengerjakan semaksimal mungkin. Kemudian ditutup dengan do’a semua akan membaik dan hasil akan lebih baik.

Jika belum rezekinya menjadi bagian dari keluarga UGM, masih banyak universitas negeri lain yang tidak kalah menarik. Walaupun passing grade dibawah Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Yang terpenting adalah tetap semangat menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk mencapai cita-cita.