Keutamaan dan Tafsir Surat Al Kafirun

Surat Al Kafirun menjadi salah satu surat yang ada di dalam al – quran yang mana menjadi surat ke – 109. Surah Al Kafirun terdiri dari 6 ayat yang menjadi surat Makkiyah. Nama dari surat ini merupakan arti dari orang – orang kafir yang mana diambil dari kata yang mucul dari ayat pertamanya. Pokok isi dari surat ini adalah tidak diperbolehkannya untuk melakukan kompromi dalam berbagai bentuk mencampuradukan ajaran agama.

Keberadaan dari surah Al Kafirun ini mempunyai berbagai keutamaan yang perlu dipahami oleh orang yang membacanya. Tafsir surat Al Kafirun perlu untuk anda pelajari sehingga tidak sedekar membaca saja melainkan bisa memahami isi dari surat tersebut lebih dalam. Ulasan di bawah ini akan menjelaskan mengenai tafsir-nya dan juga keutamaan ketika membaca surat tersebut.

pixabay.com

Segala Hal Mengenai Surat Al Kafirun

Surah Al Kafirun ini di turunkan setelah surat Al Maun. Secara umumnya Surah Al Kafirun ini mengandung makna mengenai pernyataan Nabi Muhammad SAW yang mana tidak menyembah tuhan selain Allah dan tidak akan mengikuti berbagai hal yang dikatakan oleh orang – orang khafir. Melalui surat ini maka dijadikan sebagai bentuk penegasan antara agama islam dengan agama – agama lainnya yang termasuk orang kafir.

Terjemahan dari surah Al Kafirun ini cukup mudah untuk dipahami. Terdiri dari 6 ayat tentu setiap ayatnya mengandung maka yang cukup dalam. Berikut ini adalah terjemahan dari Al Kafirun yang perlu untuk disimak :

  1. Katakanlah Muhammad “Wahai orang – orang yang khafir”.
  2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah.
  3. Dan kamu buan penyembah apa yang aku sembah.
  4. Dan aku tidak akan pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.
  5. Dan kamu tidak pernah menjadi penyembah apa yang aku sembah.
  6. Untukmu agamamu dan untukku agamaku.

Dipahami dari terjemahaan setiap ayat tersebut memang sangat menegaskan bahwa surah Al Kafirun ini menjadi penegasan agama isalam dengan agama lainnya. Setiap makna penerjemahan dari tafsir surat Al Kafirun sangat menarik untuk di pahami oleh semua orang. Selain itu ada juga hal yang menarik juga terdapat dari keutamaannya. Keutamaan dari surat ini Al Kafirun ini juga perlu untuk anda simak.

pixabay.com

Keutamaan Surat Al Kafirun

Kandungan yang dimiliki oleh surah Al Kafirun ini cukup penting untuk dipelajari. Selain itu ada banyak pelajaran yang bisa diambil oleh orang yang membacanya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai 5 keutamaan dari Al Kafirun yang dilihat dari isi dan maknanya untuk menjalankan kehidupan sehari – hari. Inilah ke lima dari keutamaan yang ada di surah Al Kafirun.

  1. Membangun pondasi keimanan

Rajin membaca surah Al Kafirun ini juga mampu dijadikan sebagai salah satu pondasi dalam sebuah keimanan. Surah ini menganndung beberapa makna mengenai ketundukan dan kepatuhan setiap orang terhadap Allah SWT. Di dalam setiap ayat yang ada di Al Kafirun ini juga menunjukan bahwa kita menjadi orang yang berikrar dan juga bersaksi hanyalah kepada Allah SWT. Pondasi keimanan yang kuat tersebut di dapatkan dari rukun iman, islam, hubungan akhlak dengan imam islam dan ihsan, dan juga mengenai hubungan akhlak dengan iman.

  1. Membangun keberanian menghadapi orang khafir

Di dalam surat ini juga dijelaskan bahwa orang islam dianggap siap dalam melawan dan menentang setiap orang khafir. Orang islam mampu menentang bahwa agama islam berbeda dengan agama lainnya dan tidak bisa disamakan. Tentu saja orang islam dan juga orang khafir sangat berbeda yang mana ditunjukan di dalam surah ini.

  1. Menjadi pembeda islam dan kafir

Surah ini menjadi salah satu surah yang mampu menjelaskan lebih jelas bahwa islam dank fair berbeda. Hal tersebut dapat dijelaskan melalui ayat – ayat yang berada di dalamnya yang mana menjelaskan mengenai apa yang disembah. Selain itu juga diikuti mengenai beberapa aturan islam yang mana tidak sama dengan apa yang mereka yakini. Keutamaan dari surat ini yaitu menjadi pembeda identitas antara muslim dan bukan.

pixabay.com

  1. Membangun ke optimisan islam

Al Kafirun menjadi salah satu surah yang mana mengajarkan islam untuk tidak boleh takut dan harus selalu optimis ketika ingin membangun kemenangan melawan orang – orang khafir. Sehingga membangun ke optimisan menjadi salah satu keutamaan yang ingin disampaikan melalui ayat ini. Karena ingin membangun ke optimisan maka membuat surah ini dijadikan sebagai salah satu penyemangat untuk bisa membangun rasa optimis menjadi lebih mudah terbentuk.

  1. Menghargai perbedaan dan keyakinan

Karena agama di dunia ini banyak sekali maka dibutuhkan toleransi dalam beragama. Al Kafirun juga menjadi salah satu surah yang menjelaskan bahwa keutamaannya menghargai perbeadaan dan juga keyakinan.

Tafsir surat Al Kafirun dan keutamaannya surah Al Kafirun yang sangat penting untuk dipelajari membuat surah ini sering dibaca. Itulah mengenai berbagai informasi tarsirnya dan juga keutamaan yang perlu diperhatikan oleh semua orang. Membaca setiap surah yang ada di al quran tentu menjadi hal yang penting dilakukan.