6 Keunggulan Dan Manfaat Pdf

Menyebut istilah pdf sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Pdf yang merupakan kepanjangan dari portable document format merupakan salah satu bentuk format file yang digunakan untuk melakukan pertukaran format file dengan bentuk file lainnya. Format pdf diproduksi oleh Adobe System Inc pada tahun 1993 yang merupakan salah satu perusahaan software terbesar. Bukan hanya memproduksi format file pdf saja, perusahaan tersebut juga memproduksi software lainnya yang hingga saat ini berguna bagi masyarakat. Salah satu software tersebut adalah Adobe Photoshop. Pdf merupakan format file yang disebut fleksibel lantaran bisa dibuka pada berbagai komputer dan juga gadget android saat ini. Pada setiap komputer memiliki program microsoft yang berbeda sehingga tidak semua file dapat dibuka pada komputer yang ada. Namun dengan dibuat format pdf, memungkinkan setiap komputer untuk bisa membuka dan membaca file dengan format tersebut. Jadi bisa dikatakan format file tersebut terbilang fleksibel.

Cara mengubah format file pdf

Untuk mengubah file format lain kedalam format pdf juga terbilang mudah. Saat ini sudah banyak aplikasi pengubah file yang bisa anda gunakan secara gratis dan cepat prosesnya. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut untuk mengubah file menjadi pdf atau anda juga bisa melakukan perubahan file melalui situs atau website yang menyediakan layanan pengubah file secara online dan gratis atau tanpa dipungut biaya. Dalam website pengubah file yang bisa anda temukan dalam internet pasti juga menyediakan tutorial atau tata cara untuk mengubah file menjadi file pdf. Banyak website juga yang memberikan tutorial atau cara kompres pdf dalam website tersebut. Apabila anda menemukan website yang menyediakan pengubah file menjadi pdf, website tersebut pasti juga menyediakan layanan atau fitur untuk mengkompres file pdf. Mengkompres artinya membuat ukuran file pdf tersebut menjadi lebih kecil. Disamping penggunaannya yang sudah tidak asing bagi setiap orang, format file pdf juga memiliki banyak kelebihan dan manfaatnya yang jarang diketahui oleh banyak orang meskipun hampir setiap hari digunakan dan tidak asing. Berikut beberapa kelebihan dan manfaat file format pdf.

Berikut beberapa keunggulan dan manfaat format pdf

  • Format pdf lebih fleksibel

Seperti yang sudah disebutkan bahwa file format pdf bersifat lebih fleksibel dibandingkan format file lainnya. File dengan format pdf bisa dibuka dalam semua program komputer yang ada dan juga gadget atau android saat ini. Dengan fleksibilitas tersebut menjadikan format file pdf banyak digunakan saat ini. Selain itu, format pdf juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan format file lainnya dan tidak susah untuk dibuka dalam gadget anda karena format tersbut akan menyesuaikan dengan kemampuan gadget anda. Meskipun bisa dibuka pada gadget, isi file tidak akan berubah atau mengalami kerusakan sehingga akan sama seperti dibuka dalam komputer.

  • File dapat diedit

File yang telah diubah dalam bentuk pdf tentu masih bisa anda edit. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir apabila menemui kesalahan dalam data setelah mengubah file tersebut dalam format pdf. Anda masih bisa melakukan editing atau memperbaiki bagian yang salah. Banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengedit isi file format pdf atau melalui situs yang menyediakan layanan edit file.

  • Dapat menyimpan data gambar

Banyak orang beranggapan bahwa file dengan format pdf hanya bisa menyimpan teks saja dan tidak bisa menyimpan gambar. Namun pemikiran tersebut salah. File pdf bukan hanya bisa menyimpan teks saja tetapi juga bisa menyimpan data gambar dan tanpa merusak gambar tersebut alias tetap sama sesuai dengan file gambar tersebut. gambar juga tidak akan mengalami penyusutan atau pengurangan apabila format pdf mengalami kompres atau diperkecil ukurannya, begitu juga dengan data teks. Segala data yang tersimpan dalam file format pdf, baik teks maupun gambar tetap akan utuh ukuran dan bentuknya.

  • Memiliki fitur lock

Fitur lock atau pengunci bisa anda lakukan pada file berformat pdf milik anda. Fasilitas tersebut sudah tersedia secara otomatis oleh format pdf dan bisa anda aktifkan sesuai dengan prosedur yang ada. Dengan menggunakan fitur tersebut, anda akan bisa mengunci file pdf anda dan orang lain tidak akan bisa mengcopy paste data yang ada didalamnya. Untuk mengcopy paste atau mengubah file tersebut, membutuhkan kata sandi agar bisa mengakses file tersebut.

  • Menyesuaikan dengan semua komputer

Program pada setiap komputer tentunya akan berbeda. Selain itu software yang digunakan dalam setiap komputer akan berbeda. Jadi tidak semua file yang ada dapat dibuka dan dibaca oleh komputer lainnya. Namun akan berbeda jika menggunakan format pdf. Pdf akan bisa dibuka oleh semua komputer meskipun program softwarenya berbeda.

  • Dapat menggabungkan lebih dari satu data

Dalam program Microsoft data tentunya bisa dibaca seutuhnya meskipun memiliki lebih dari satu lembar data. Namun terkadang data yang ada tidak bisa terbaca semua saat dipindahkan kedalam komputer lainnya atau data mengalami kerusakan pada isinya. Berbeda dengan data pdf. Anda tetap bisa menyatukan data yang lebih dari satu lembar tanpa merusak isi data tersebut.