Kenali Mangga Yuwen Asal Taiwan

Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal dengan keanekaragaman jenis buah yang menyegarkan. Salah satu jenis buah yang setiap tahunnya selalu berbuah dan banyak disukai oleh orang Indonesia adalah buah mangga. Buah ini mempunyai banyak sekali jenis dengan rasa khasnya masing-masing, seperti mangga yuwen.

Mangga yang berasal dari Taiwan ini berwarna merah pada bagian kulitnya dan warna kuning untuk isi buahnya. Jenis mangga ini baru populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Saat ini harga mangga yuwen dapat dikatakan cukup mahal karena pasokan dari petani yang masih terbatas.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk membudidayakannya. Sebenarnya untuk merawat bibit mangga ini tidaklah sulit, asalkan semua tahapan dilakukan dengan baik dan juga benar. Dengan begitu, maka akan dihasilkan mangga dengan kualitas baik. Sekarang ini mencari bibit mangga untuk dibudidayakan juga tidaklah sulit.

Mangga yuwen memiliki rasa yang sangat khas nan menyegarkan. Anda akan merasakan buah mangga yang sangat manis dengan dilengkapi rasa asam yang tidak terlalu kentara. Jadi, bagi Anda yang lebih senang dengan buah bercita rasa manis, maka mangga yuwen ini sangatlah cocok untuk Anda coba.

Ukuran buah yang lebih besar dibanding mangga lainnya akan membuat Anda merasa puas ketika memakannya. Kulit buah yang berwarna merah pekat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari mangga ini. Apalagi buahnya yang cukup tebal dengan biji yang tipis. Tidak heran jika mangga yuwen memiliki penggemar setianya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, budidaya mangga yuwen cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menanam mangga yuwen.

  1. Siapkan bibit dengan kualitas unggul.
  2. Buat media tanam dari potongan bata yang ditambahkan ijuk pada dasar pot.
  3. Selanjutnya membuat campuran tanah, arang sekam serta pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.
  4. Masukkan ke media tanam hingga setengahnya dari besar pot.
  5. Masukkan bibit ke dalam pot di kedalaman 2 cm dan kemudian siram dengan air setiap satu kali sehari.