Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur Indonesia, kabupaten ini berdiri pada tanggal 18 April 1746 dan sekarang dipimpin oleh Hj. Puput Tantriana Sari, S.E.

 

Problinggo memiliki luas wilayah sekitar 1.696,17 km dengan total kecamatan sebanyak 24, 325 desa dan 5 kelurahan. Dari segi geografis, kabupaten Probolinggo terletak di lereng pegunungan semeru, argopuro dan lemongan. Hal ini lah yang menyebabkan tanah di probolinggo sangatlah subur dan cocok untuk berkebun.

 

Luas wilayah kabupaten Probolinggo dibatasi dengan selat madura di bagian utara, kabupaten Situbondo dan Jember di timur, kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang di Selatan dan kabupaten PasuruanĀ  di barat.

 

Jika kalian berkunjung ke Probolinggo jangan lupa untuk pergi ketempat wisata andalan Probolinggo. Berikut ini akan saya jelaskan wisata unggulan kabupaten Probolinggo.

Tempat Wisata Paling Populer di Probolinggo

1. Gunung Bromo

Tak lengkap rasanya jika kalian pergi ke Probolinggo tidak berkunjung ke gunung bromo. Gunung bromo ini sebenarnya masuk kedalam tiga kabupaten yaitu Malang, Probolinggo dan Pasuruan. Tetapi semuanya sama saja memiliki akses ke gunung bromo dengan mudah. Salah satu yang banyak orang ketahui tentang gunung bromo adalah bunga edleweis.

2. Gunung Argopuro

Selain memiliki wisata andalan berupa gunung bromo. Probolinggo juga memiliki tempat wisata pegunungan lainnya yaitu gunung argopuro. Salah satu spot yang paling menarik dari gunung argopuro adalah puncak rengganis.

3. Pulau Gili Ketapang

Pulau gili ketapang merupakan sebuah pulau yang berada di selat maura. Pulau ini merupakan pulau yang masih asri karena belum banyak orang yang ada di sana. Pulau ini mayoritas dihuni oleh suku madura yang menetap disana. Disini kalian akan menjumpai pantai berpasir putih dan trumbu karang yang terlhat dengan jelas.

4. Candi Jabung

Candi ini merupakan sebuah candi peninggalan kerajaan hindu majapahit yang terbuat dari bata merah. Meskipun terbuat dari bata merah, namun nyatanya candi ini sangat kokoh dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

 

Demikianlah artikel yang saya buat ini mengenai kabupaten probolinggo. Semoga akan menambah wawasan kalian tentang apa yang ada di probolinggo. Pada kesempatan lain waktu akan saya jelaskan lebih lanjut tentang semua yang ada di probolinggo.