Inilah Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara

Akibat tidak memiliki dasar negara menjadikan negara tersebut berdiri tanpa ideologi. Hal ini tentu bermasalah karena sebuah negara yang tidak memiliki idelogi, tak akan bisa menentukan ke mana arah, tujuan, visi, misi hingga cita-cita negara tersebut. Bayangkan saja jika Indonesia tidak memiliki Pancasila, tentu akan seperti rumah tanpa pondasi yang membuatnya bisa roboh sewaktu-waktu. Nah berikut ini kami akan membahas beberapa akibat jika negara tidak memiliki dasar negara.

 

  • Tak Mampu Menyelenggarakan Kehidupan Berbangsa

Menjadi berbahaya karena negara begitu rentan dengan berbagai masalah sehingga jika tak mempunyai dasar negara, mustahil menciptakan kehidupan bermasyarakat yang baik. Ada banyak akibat tidak memiliki dasar negara yang bisa ditimbulkan seperti negara tak mampu menyelenggarakan kehidupannya karena tak punya pedoman. Ya betul sekali, dasar negara atau ideologi sangat diperlukan sebagai jalan hidup setiap warga negara. Jika negara tidak memiliki ideologi yang jelas, maka akan ada banyak ketimpangan sosial, karena ada banyak sekali persinggungan ideologi didalam negara. Kabar baiknya, Indonesia memiliki ideologi Pancasila yang mencakup berbagai macam ideologi yang ada di dunia.

 

  • Negara Tak Punya Dasar Hukum Yang Kuat

Sumber hukum utama negara yaitu dasar negara. Jadi jika negara tidak memiliki dasar negara, maka otomatis negara akan kekurangan sumber-sumber hukum. Dengan kurangnya sumber-sumber hukum, maka sudah pasti hukum tidak akan berjalan dengan baik.

 

  • Tak Punya Dasar Acuan Atas Visi dan Misi

Percuma saja negara memiliki visi dan misi jika tidak memiliki dasar negara. Mengapa? Karena poin-poin yang ada pada visi misi sudah pasti tidak akan jelas pondasi dan juga arah tujuannya.

 

Selain itu, negara juga bisa menjadi rentan krisis sosial serta kemanusiaan hingga tak memiliki identitas jelas di mata dunia sekaligus akhirnya rentan terhadap kehancuran. Karena akibat tidak memiliki dasar negara cukuplah berbahaya, setiap negara haruslah memilikinya sejak pertama kali negara tersebut berdiri, terbentuk dan berdaulat.