Cara Main Game Android di PC Super Lancar

Tahukah Anda bahwa game Android bisa dimainkan di PC/laptop/desktop? Ya, dengan emulator, Anda bisa memainkan semua aplikasi dan game Android dengan lancar. Salah satu cara agar Anda bisa memainkan game-game Android kesayangan di PC adalah dengan menginstall emulator Android di PC. Ini merupakan kabar baik untuk Anda yang memiliki smartphone biasa-biasa saja.

Dengan menggunakan emulator di PC maka secara otomatis emulator tersebut akan menjadi Android versi terbaru. Jadi Anda bisa memainkan game terbaru yang membutuhkan perangkat dengan spesifikasi unggulan dan OS Android terkini. Nah, berikut ini akan kami ulas emulator terbaik agar bisa bermain game Android di PC dengan lancar.

Cara Bermain Game Android di PC

Pixabay.com

1. Menggunakan Emulator

Cara pertama agar Anda bisa bermain game Android di PC adalah dengan memasang emulator Android di PC. Emulator Android yang bisa Anda pasang di antaranya adalah Bluestack, Nox Player, Android Studio dan masih banyak lagi. Fitur di dalam emulator ini nantinya tidak akan sama persis dengan Android sungguhan, namun masih bisa digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi.

Caranya adalah download salah satu dari emulator yang disebutkan di atas melalaui PC. Jika sudah lalu install dan buka program emulator tersebut. Jika sudah masuk, silakan login menggunakan Gmail agar bisa masuk ke Playstore nantinya. Gunanya adalah agar Anda bisa mengunduh aplikasi dan game yang biasa Anda mainkan di smartphone.

2. Menggunakan Chrome

Jika Anda menggunakan Windows 10, maka bisa menggunakan plugin ARC Welder untuk browser Google Chrome. Dengan aplikasi ini, maka akan muncul jendela baru yang seolah-olah sama dengan Windows 10 asli. Dengan menginstall plugin ARC Welder ini, Anda bisa memainkan game Android kesayangan di PC dengan lancar. Ingin tahu caranya? Yuk simak baik-baik langkahnya di bawah ini :

  • Masuk Google Chrome lalu cari plugin ARC Welder.
  • Pilih/klik ARC Welder app
  • Klik Avalaible on Chrome kemudian klik Konfirmasi.
  • Tunggu hingga proses donwload selesai dilakukan.

Setelag plugin ARC Welder selesai diunduh, maka Anda bisa menemukannya di aplikasi Chrome App Launcher. Anda juga bisa menemukannya di pencarian dengan langsung mengetikkannya di kolom pencarian Windows. Ketika sudah ketemu, ikuti langkah di bawah ini untuk menjalakan file APK (Android) di APK Welder :

  • Jika belum punya aplikasi dengan ekstensi APK, maka silahkan mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Buka plugin ARC Welder.
  • Klik Add APK file(tambahkan file APK yang sudah Anda unduh sebelumnya.
  • Install file APK
  • Klik test untuk membuka aplikasi Android yang sudah terinstall tersebut.

Rekomendasi Emulator Terbaik untuk PC Spek Rendah

Pixabay.com

1. Leapdroid

Jika Anda memiliki laptop spek minimalis dan ingin memasang emulator di dalamnya, maka Anda bisa mencoba Lepadroid. Leapdroid adalah emulator paling ringan dengan ukuran file hanya 271,2 MB saja. Emulator yang bisa Anda dapatkan secara gratis ini sangat smooth dijalankan di PC dengan prosesor Intel Core 2. Anda bisa memainkan game semisal Clash of Clans menggunakan Leapdroid ini.

2. Windroye

Emulator yang cocok untuk PC spek rendah berikutnya adalah Windroye. Emulator buatan Cina ini sangat handal dan stabil diljalankan di PC yang memiliki spesifikasi minimalis. Jadi jika Anda ingin bermain game Android di PC namun spek PC tidak begitu mendukung, maka meinstall Windroye solusinya. Anda hanya harus memiliki PC dengan RAM 2 GB saja, hebat bukan?

3. Memu

MEmu adalah emulator dengan framerate stabil dengan sistem koneksi yang bagus yang bisa dijalankan di PC dengan spek yang rendah. Emulator ini memang salah satu emulator Android terbaik, jadi orang dengan PC spek dewa pun masih sering menggunakannya. Anda hanya harus punya PC dengan prosesor minimal Intel atau AMD dengan RAM 2 GB saja.

4. Droid 4x

Droid 4x adalah emulator yang unggul dan digamari banyak pengguna karena tingakt force close yang jarang. Droid 4x sangat stabil dan bisa diandalkan untuk memainkan game dengan grafis yang berat. Emulator ini bahkan diklaim lebih ringan dan cepat daripada Genymotion, BlueStacks, Andyroid dan NOX.

Demikianlah ulasan tentang beberapa cara bermain game Android di PC yang bisa Anda coba. Jadi selain bisa digunakan untuk bermain game PC ringan, PC dengan spek rendah juga bisa digunakan untuk menginstall emulator untuk bermain game Android dengan lancar.

Written By

Kusumo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *