9 Jenis dan Kicauan Burung yang Paling Diminati di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya dengan beragam spesies burungnya. Setiap jenis burung yang ada memiliki keahlian masing-masing dan salah satu yang diminati adalah burung kicau. Burung kicau inilah yang disukai karena kicauan burung memberikan perasaan nyaman dan tenang. Namun, dari banyaknya burung kicau yang ada, burung manakah yang cocok untuk dijadikan peliharaan di rumah?

Burung kicau di Indonesia dikenal memiliki dua jenis, yaitu burung fighter dan semi fighter. Burung fighter lebih senang tinggal menyendiri dan menjaga daerhanya. Karena sifatnya yang emosional, membuat burung berkicau lebih keras saat mendengar suara burung lain. Sedangkan semi fighter, lebih banyak hidup secara berkelompok. Lantas, manakah burung yang menjadi pilihan anda?

9 Jenis Burung Kicau dengan Kicauan Indah

Terdapat beberapa jenis burung kicau yang dapat dijadikan peliharaan dan menghiasi rumah. Pilihlah salah satunya dan buat rumah nampak lebih nyaman, berikut ulasannya,

  1. Burung Lovebird

Burung ini adalah burung yang disukai oleh banyak orang. Karena warnanya yang sangat mencolok dan cukup cerah diseluruh tubuhnya. Burung ini memiliki harga yang cukup mahal, namun memiliki kicauan yang indah. Jadi, tidak perlu khawatir saat mempunyainya dan akan mengikutkannya dalam perlombaan kicau burung.

rgbstock.com

  1. Burung Pleci

Burung Pleci adalah jenis burung kicau yang awalnya tidak terkenal. Namun setelah muncul di sebuah perlombaan, burung ini mulai dikenal dan diburu di pasaran. Burung Pleci memiliki bentuk tubuh yang mungil, warnanya tidak cukup unik karena cukup kusam. Namun untuk suaranya, tersimpan keindahan yang kaya didalamnya.

  1. Burung Anis Merah

Pilihan burung kicau lainnya adalah burung Anis Merah. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna nyaris merah pada bagian tubuhnya. Anis Merah cukup terkenal di kalangan pecinta burung, karena kicauan burung ini berbeda dan cukup merdu. Karena kicauannya yang unik, anda harus mengeluarkan kocek dalam saat akan membelinya.

  1. Burung Kolibri

Nama burung yang satu ini bukanlah burung yang jarang terdengar. Karena burung ini banyak tersedia di kebun binatang dan diperkenalkan ke masyarakat. Namun disamping itu, burung kolibri banyak dipelihara karena suaranya yang indah. Menariknya, Burung Kolibri dapat menirukan suara burung lain, seperti Kenari dan Cililin.

  1. Burung Kenari

Burung Kenari adalah burung yang terkenal dengan badannya yang mungil. Namun badan yang mungil ini tidak berarti bahwa burung ini tidak memiliki suara yang indah. Kicauan dari burung ini dikenal dengan nama Ngeriwik. Karena suaranya yang indah, burung ini dijual dengan harga tinggi, terlebih saat burung sudah memenangkan lomba kicau.

  1. Burung Plentet

Berbeda dengan jenis burung lainnya, burung ini dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara keras. Karenanya burung ini selalu dicari oleh pecinta burung, terlebih warnanya yang indah. Kombinasi warnanya adalah putih, coklat dan abu-abu. Jadi, untuk dapat memilikinya anda harus mencari burung dengan ciri-ciri seperti di atas.

pickupimage.com

  1. Burung Cucak Rowo

Siapa diantara anda yang tidak mengenal burung ini? Burung yang satu ini telah dikenal dan memiliki harga yang mahal. Kicauannya yang indah dan merdu, membuat harga burung ini selalu mengalami peningkatan. Untuk dapat memilikinya, cobalah cari burung ini di daerah Sumatera, Kalimantan hingga Semenanjung Malaysia.

  1. Burung Cucak Hijau

Nama lain dari burung ini adalah Cucak Ijo, yang khas dengan warna hijaunya di seluruh tubuh. Sedangkan bagian kepala dan paruh memiliki warna hitam. Cucak Hijau dapat ditemukan diseluruh daerah di Indonesia. Namun yang menjadi primadona adalah burung yang berasal dari Banyuwang, karena suaranya merdu dan mudah ditemukan di pasaran.

  1. Burung Tledekan

Burung Tledekan adalah burung yang telah memiliki kelas tersendiri dalam jenis burung kicau. Jika dibandingkan dengan burung lainnya, burung ini sedang naik daun dan dimemiliki harga yang mahal. Burung ini memiliki warna dominasi biru yang sangat indah saat dipelihara. Dari setiap burung Tledekan yang ada, burung Tledekan Gunung adalah yang paling banyak diminati.

Walaupun dikenal memiliki bakat dari awalnya, anda harus memahami bagaimana cara membuat burung berkicau dengan maksimal. Untuk mengetahui cara membuat burung dapat berkicau dengan merdu, lanjutkanlah pembacaan pada bagian berikutnya.

pickupimage.com

Cara Membuat Kicauan Burung Indah

Setelah dirangkum, terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk membuat kicau burung dapat merdu dan indah. Anda yang telah memiliki burung masteran, ada baiknya untuk memanfaatkannya. Dalam hal ini untuk membuat burung anakan memiliki suara yang indah. Proses ini dapat dilakukan secara berkala di setiap harinya. Utamanya, setelah burung usai mandi di pagi maupun sore hari.

Selain menggunakan masteran, anda dapat memanfaatkan cara lainnya. Cara yang dimaksud adalah menggunakan MP3 sebagai bahan pembelajaran. Setelah dipasangkan, cobalah untuk memancing burung mengeluarkan suara. Cara ini akan membantu kicau burung keluar dengan indah dan merdu sesuai harapan.

Simpulan

Anda yang masih kebingungan dengan cara membuat kicauan burung yang indah, dapat mencari tahu melalui pengicau.net. Didalamnya, terdapat banyak informasi tentang cara membuat burung berkicau indah sesuai dengan jenis burung yang dimilikki.