keutamaan puasa syawal

Bertemu bulan ramadhan menjadi hal yang dinantikan oleh setiap umat islam di dunia. Sebagai umat islam bisa bertemu dengan bulan ramadhan adalah hal yang selalu diharapkan setiap tahunnya. Bulan suci inilah yang menjadi bulan paling membahagiakan bagi seluruh umat islam. Di bulan ramadhan inilah setiap umat islam berbondong – bondong untuk menjalankan puasa ramadham.

Puasa di bulan ramadhan ini menjadi puasa yang wajib untuk dilaksanakan, semua umat islam harus menjalankannya tanpa boleh meninggalkannya walaupun hanya sekali. Jika tidak dilaksanakan maka akan menjadikan dosa bagi yang meninggalkannya. Jika berhalangan untuk menunaikan puasa di bulan ramadhan ini maka hitungannya adalah hutang dan harus disahur.

Setelah sebulan penuh menjalankan puasa di bulan ramadhan maka dilanjutkan dengan puasa sunnah. Puasa sunnah ini adalah puasa yang tidak wajib untuk dilaksanakan, namun jika dilaksanakan bisa menjadikan amal yang lebih bagi yang melaksanakannya. Puasa sunnah yang bisa dikerjakan setelah bulan ramadhan ini adalah puasa syawal. Puasa syawal ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menyempurnakan puasa di bulan ramadhan.

Apa Itu Puasa Syawal?

Apa Itu Puasa Syawal
ilustrasi puasa syawal (foto:pixabay.com)

Puasa syawal adalah puasa yang dijalankan selama 6 hari. Puasa ini dikerjakan di bulan syawal setelah idul fitri. Puasa syawal memang puasa yang disunnahkan sehingga tidak harus dilakukan. Namun bagi siapa saja yang ingin menjalankan puasa syawal ini bisa mendapatkan pahala yang sangat besar.

Ganjaran menunaikan ibadah puasa syawal ini sebanding puasa selama setahun penuh. Hal ini dibenarkan pula dengan sabda Rasulullah SAW yang mana menyatakan bahwa siapa saja yang mengerjakan puasa di bulan syawal selama 6 hari penuh maka dirinya akan mendapatkan pahala seperti ketika berpuasa selama setahun penuh.

di bulan syawal ini memang mempunyai banyak kesitimewaan. Hal inilah yang menjadikan banyak para umat islam yang saling berbondong – bondong menunaikan puasa sunnah ini. Tidak hanya bisa mendapatkan amal yang lebih banyak melainkan masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika mengerjakan puasa sunnah satu ini.

Sama halnya dengan puasa pada umumnya. Ketika menjalankan puasa sunnah ini anda juga harus meniatkan diri terlebih dahulu. Lalu bagaimanakah niat berpuasa syawal? Sebelum menunaikan puasa syawal ini anda harus berniat terlebih dahulu. Niat akan membuat anda lebih bersungguh – sungguh dalam menjalankan ibadah.

Niat menjalankan puasa syawal yaitu meniatkan diri dengan berpuasa sunnah syawal esok hari karena Allah SWT. Puasa syawal tentu saja akan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Memperbanyak amal ibadah juga menjadikan diri lebih baik lagi.  Lalu apa saja manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika menjalankan puasa syawal?

Menyempurnakan Ibadah dengan Puasa Syawal

puasa syawal
ilustrasi suasana di puasa syawal (foto:pixabay.com)

Menjalankan ibadah puasa adalah cara yang mudah untuk mendapatkan pahala lebih mudah. Walaupun mudah mendapatkan banyak pahala dengan menjalankan puasa wajib dan puasa sunnah, namun menjalankan puasa bukanlah hal yang mudah.

Puasa yaitu menahan diri dari makan, minum, dan juga tidak mengerjakan berbagai hal yang mampu menyebabkan puasa batal. Tentu saja hak tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan oleh semua orang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi bisa mengerjakan ibadah puasa dengan lancar. Selain itu perhatikan kalender jadwal puasa sunnah untuk mempermudah anda mengetahui beberapa puasa sunnah yang bisa anda jalankan.

Manfaat yang bisa didapatkan menjalankan ibadah puasa sunnah syawal ini bisa digunakan untuk menyempurnakan ibadah di bulan ramadhan dengan mendapatkan ganjaran setara dengan berpuasa selama satu tahun penuh. Melalui puasa syawal ini seseorang bisa memperbaiki ibadah wajibnya yang cacat. Setiap orang tentu saja mempunyai kekurangan dalam menunaikan amalan wajibnya. Sehingga menjalankan puasa syawal ini bisa menutup beberapa kecacatan ibadah wajib.

Membiasakan untuk berpuasaa syawal ini juga bisa membuat semua puasa di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT. Berpuasa di bulan syawal juga bisa digunakan untuk menghapuskan segala dosa – dosa orang yang menjalankannya. Paling penting adalah barang siapa yang mengerjakan amalan di bulan ramadhan dengan lebih sempurna maka dirinya tidak akan pernah terputus dengan bulan yang paling mula ini sepanjang hidupnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan orang yang menunaikan ibadah sunnah puasa syawal ini. Justru karena sunnah itulah maka perbanyaklah untuk menunaikan berbagai ibadah sunnah untuk mendapatkan amal yang lebih banyak. Ketika menjalankan ibadah yang sunnah alangkah baiknya untuk tidak melupakan ibadah wajibnya. Pada dasarnya ibadah wajib harus ditunaikan karena dosa jika meninggalkannya. Melakui ibadah sunnah inilah anda akan mendapatkan amal yang lebih banyak dan menyempurnakan ibadah wajib yang selama ini anda tunaikan.

Penjelasan di atas mengenai puasa di bulan syawal tentu membuat anda semakin paham dan lebih tahu manfaatnya. Kini jangan sampai terlewatkan untuk turut menjalankan ibadah sunnah tersebut demi bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ada banyak cara untuk mendapatkan pahala yang lebih, awali setiap hal yang ingin anda kerjakan agar bisa berjalan dengan lancar dan tentunya mendapatkan berkah dan rido dari Allah SWT.

Puasa Sunnah Syawal Menyempurnakan Ibadah di Bulan Ramadhan
Scroll to top